ShoutMix chat widget

Kamis, 05 Mei 2011

Home » » BERIBADAH HAJI DENGAN BEKAL YANG HALAL

BERIBADAH HAJI DENGAN BEKAL YANG HALAL

      Seyogianya ia memilih, untuk Haji dan Umrahnya, biaya yang baik dari harta yang halal, berdasarkan hadits shahih dari Rasulullah s.a.w. bahwa beliau bersabda:
 إن الله طيب لا يقبل إلا الطيب
Sesungguhnya Allah itu baik, Dia tidaklah menerima kecuali yang baik.
     
      Juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh ath-Thabarani:
روي الطبر اني عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :( إذا خرج الرجل حاجا بنفقة طيبة وو ضع رجليه في الغرز فنادي: لبيك اللهم لبيك ناداه مناد في السماء : لبيك وسعديك، زادك حلال، وراحمتك حلال، وحجك مبرور غير  مأزور. وإذا خرج الرجل با لنفقة الخبيثة فو ضع رجليه في الغرز فنادى: لبيك اللهم لبيك ناداه مناد من السماء : لا لبيك ولا سعد يك، زادك حرام، ونفقتك حرام،وحجك غير مبرور)ا
At-Thabarani meriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah s.a.w. Bersabda:
      Jika seseorang keluar bertujuan Haji dengan membawa biaya yang baik(halal) dan ia pijakkan kakinya pada pijakan pelana kudanya lalu menyeru: "Kusambut panggilan-Mu ya Allah,kusambut panggilan-Mu",maka diserulah ia oleh penyeru dari langit: "Kusambut pula kamu dan kukaruniakan kepadamu kebahagiaan demi kebahagiaan. Bekalmu adalah halal, kendaraan yang kamu tunggangi pun halal, Dan Hajimu adalah mabrur (di terima), tidak ternodai oleh dosa".
     Jika seorang itu keluar dengan membawa biaya yang buruk (haram) lalu ia pijakkan kakinya pada pijakan pelana pelana kudanya dan menyeru: "Kusambut panggilan-Mu ya Allah, kusambut panggilan-Mu", maka diserulah ia oleh penyeru dari langit: "Aku tidak menyambut-Mu dan dan tidak pula Aku karuniakan kebahagiaan demi kebahagiaan kepadamu . Bekalmu adalah haram, harta yang kamu nafkahkan pun haram, dan Hajimu tidaklah diterima (tidak mabrur)."
     Seyogianya pula seseorang yang melakukan Haji itu tidak tamak kepada harta benda yang berada di tangan orang lain, dan seyogianya ia menahan dari meminta-minta kepada mereka. Ini berdasarkan Nabi s.a.w.:
ومن يستعفف  يعفه  الله، ومن يستغن يغنه الله
Dan barang siapa menahan diri dari meminta-minta, maka Allah akan menjaga dirinya. Dan,barang siapa merasa cukup harta yang  dimilikinya dan tidak tamak kepada harta orang lain, maka, Allah pun akan menjadikannya merasa cukup.

Dan berdasarkan sabda Nabi s.a.w. :
لا يزال الر جل  يسأل الناس حتي يأ تي يوم القيامة وليس في وجهه مز عة لحم
Seseorang akan senantiasa meminta-minta kepada orang lain hingga ia datang pada hari kiamat sedang di wajahnya tak tersisa  daging sedikit pun.

     Orang yang pergi Haji wajib berniat haji umrahnya itu untuk mencari keridhaan Allah dan kebahagiaan Hari Akhir serta mendekatkan diri kepada Allah dengan ucapan dan perbuatan yang di ridhai Allah di tempat-tempat yang mulia itu. Dan diingatkan kepadanya  agar dengan hajinya  itu tidak mencari keduniaan dan kebendaan, atau untuk pamer dan mencari nama serta berbangga dengan hajinya.
Karena, hal itu adalah seburuk-buruk niat atau tujuan dan bahkan bisa menggugurkan dan tidak diterima amal. Sebagai firman Allah:
من كان يريد الحياة الذنيا وزينتها نوف إليهم أعمالهم فيها  وهم  فيها  لا يبخسون،أولئك الذين ليس لهم في الا خرة، إلا النار وحبط ما
 صنعوا فيها ويا طل ما كانوا يعملون
Barang siapa  menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna  dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka. Dan lenyaplah di akhirat  itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. (Hud, 15)

Dan sebagaimana firman Allah:
من كان يريد العاجله عجلنا له فيها ما نشاء لمن نريد ثم جعلنا له جهنم يصلاها مدموما مدحورا، ومن أراد الاخرة وسعى لها سعيها وهو مؤمن فأولئك كان سعيهم مشكورا (الإسراء : 18)ا
Barang siapa menghendaki kehidupan sekarang (dunia), maka Kami segerakan baginya dunia itu apa yang Kami  kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.
Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan usaha  yang sebenarnya(dengan mengikuti Rasulullah) sedang ia mu'min, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (Al-isra: 18)

Juga sebagaimana tertera dalam hadits qudsi:
وصح عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال: قال الله تعالى (أنا أغنى الشر كاء عن الش ك من عمل عملا أشرك معي فيه غيري تركته وشركه)ا
Dalam riwayat hadits  yang shahih, Nabi s.a.w. bersabda: Allah Ta'ala berfirman: "Aku sangat menolak untuk disekutukan, Barang siapa melakukan suatu amalan yang di dalamnya  Aku disekutukan dengan selain Aku, maka Aku akan meninggalkannya dan sekutu yang diangkatnya itu".

2 komentar:

Selamat Datang Di Blok-ku